Pengertian microsoft DOS
MS-DOS adalah sistem operasi yang bekerja dengan mode teks (text mode). digunakan untuk menjalakan wordstar, lotus, turbo pascal dan lain-lain yang dirancang untuk MS-DOS. MS-DOS biasa disingkat dengan DOS saja dan disimpan di dalam disket . sedangkan sistem operasi windows disimpan dlam CD_ROM dan DVD , dan harus di install ke dalam komputer, (HARD DISK ) agar dapat digunakan ,install ini juga berfungsi untuk menyesuaikan program dengan komponen-komponen yang trpasang pada komputer kita, MS-DOS  biasa di singkat dengan DOS saja.
Pengertian linux
linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. jadi anda diijinkan untuk menginstal pada komputer anda ataupun mengkopi dan menyebarluaskannya tanpa harus membayar. linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.
Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan, adalah kebebasan untuk memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting. Pertama keamanan, yang kedua dinamika.
Jika perangkat lunak komersial tidak memperkenankan Anda untuk mengetahui kode sumbenya maka Anda tidak akan pernah tahu apakah program yang Anda beli dari mereka itu aman atau tidak (sering disebut security by obscurity). Hidup Anda di tangan para vendor. Dan jika ada pemberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial tersebut, seringkali sudah terlambat. Dengan Linux, Anda dapat meneliti kode sumbernya langsung, bersama dengan pengguna Linux lainnya. Berkembangnya pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka, membuat bug akan cepat diketahui, dan secepat itu pula para programmer akan memperbaiki programnya. Anda sendiri juga yang menentukan kode yang cocok sesuai dengan perangkat keras maupun kebutuhan dasar perangkat lunak lainnya untuk dapat diimplementasikan. Ibarat sebuah mobil, Anda bisa memodifikasi sesukanya, bahkan hingga mesin sekalipun, untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.
Keterbukaan kode sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Jika sebuah program dengan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu, paling banyak sekitar seribu hingga lima ribu orang. Sedangkan Linux, dengan keterbukaan kode sumbernya, dikembangkan oleh sukarelawan seluruh dunia. Bug lebih cepat diketahui dan program penambalnya (patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebut Bazaar. Kebalikannya sistem Chatedraal sangat tertutup dan hanya berpusat pada satu atau dua pengembang saja.
linux saat ini telah berkembang menjadi banyak distro (distribusi linux), misalnya adalah distro Redhat, Debian, Suse. saat ini distro linux yang sangat populer di gunakan di indonesia adalah distro Ubuntu yang merupakan turunan dari Debian.gertian

pengertian UNIX 
UNIX adalah sistem operasi yang digunakan sebagai sistem operasi baku pada berbagai jenis komputer, terutama komputer mini baik sebagai workstation atau server (sistem yang menyediakan pelayanan pada jaringan). Karena dengan unix sebagai server, berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah.
Unix didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, multi-user, sistem berkas hierarkis dan utilitas.
Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan sistem UNIX yang terkoneksi kesebuah sistem jaringan ialah:
a. Berbagi sumber daya komputer
Sumber daya komputer yang dibagi bersama mencakup :
• CPU dan alokasi memori,
CPU / memori yang sedang diam (tidak terpakai) dapat digunakan oleh sistem lain yang sedang sibuk.
• Penyimpanan data / disk,
Disk yang semula tersebar di semua komputer dengan utilitas yang sama kini dapat digabungkan menjadi unit disk yang besar dan dibagi bersama.
• Pencetak/ printer dan program/ utilitas
Pencetakan/ printing dapat diklasifikasikan berdasarkan prioritas (segera, tidak segera) ataupun mutu cetak (laser printer, LQ printer, line printer).

b. Peningkatan kehandalan.
Komputer dalam sebuah jaringan lebih handal dibandingkan komputer yang berdiri sendiri. Jika ada komputer yang tidak berfungsi, peranannya digantikan oleh komputer yang lain. Sistem dapat diatur / dikendalikan hingga pemakai tidak mengetahui bahwa komputer yang biasa digunakan sedang digantikan oleh komputer lain. Sistem penyimpanan disk dapat diatur derajat keamanannya. Seperti halnya CPU, sistem disk yang tidak berfungsi digantikan oleh sistem yang lain tanpa diketahui oleh pemakai.
c. Penghematan.
Peningkatan kehandalan serta pemakaian sumberdaya secara bersama menghasilkan penghematan biaya operasi. Harga 10 komputer 10 MIPS jauh lebih murah dibandingkan 1 komputer 100 MIPS. Namun, kemampuan kesepuluh komputer 10 MIPS tersebut dapat hampir menyamai kemampuan komputer 100 MIPS jika dilakukan utilisasi yang tinggi. Penghematan lain didapatkan dari penggunaan printer server dan file server (1 sistem data atau disk untuk banyak komputer).
Jenis - jenis Unix antara lain :
1. A/UX

21. Dynix
2. Domain/X

22. SINIX
3. Darwin

23. IRIX
4. CTIX

24. SunOS
5. Distrix

25. Solaris
6. UniCOS

26. Eunice
7. DG/UX

27. Uniplus+
8. Digital UNIX

28. BSD UNIX
9. Ultrix

29. BSD/I
10. CLIX

30. OSF/1
11. HP/UX

31. GNU/Linux
12. Tru64

32. GNU/Hurd
13. AIX

33. FreeBSD
14. Coherent

34. NetBSD
15. XENIX

35. OpenBSD
16. DVIX

36. NextStep
17. UnixWare

37. Minix
18. SCO UNIX

38. Mach
19. SCO XENIX

39. UNIXSystemV
20. SCO OpenServer

40. QNX
Pengertian Free BSD
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox[1], DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan.
Pada tahun 1981, Kelompok Peneliti Sistem Komputer, Computer Systems Research Group (CSRG), Universitas California di Berkeley melakukan modifikasi sistem operasi UNIX AT&T untuk dijalankan di mesin DEC VAX II/780.
Fitur yang paling menonjol pada release sistem operasi UNIX baru ini adalah dukungan terhadap virtual memory dan implementasi protokol baru dari ARPANET yang selanjutnya dikenal sebagai Internet Protocols (IP). Sistem operasi UNIX baru ini berbeda sama sekali dengan sistem operasi UNIX AT&T. Sistem operasi ini kemudian dikenal sebagai Berkeley UNIX.
Pada proses pengembangan berikutnya, tim BSD berhasil membuat suatu sistem file dengan performa cepat yang diberi nama UNIX File Sytem (UFS).
Perubahan dalam regulasi legal di Amerika Serikat antara tahun 1977 sampai dengan tahun 1984 telah membolehkan pihak AT&T untuk memberikan lisensi UNIX ke vendor lain sehingga pada tahun 1981 Microsoft meluncurkan XENIX yang merupakan UNIX hasil pengembangan tim Santa Cruz Operation (SCO).
Pada tahun 1982 AT&T mengembangkan UNIX System III dan System V di tahun 1983 untuk keperluan pasarnya sendiri.
Akibat kejadian-kejadian di atas maka pada pertengahan tahun 1980-an terdapat empat versi berbeda dari UNIX yaitu : Research Version, digunakan hanya di lingkungan internal AT&T, Berkeley Software Distribution (BSD) dari Berkeley, System V komersial dari AT&T dan XENIX yang tidak lagi diminati oleh Microsoft, yang dipasarkan oleh perusahaan yang telah mengembangkannya yaitu SCO.
Pada akhir tahun 1994 FreeBSD versi 2.0 di-release yang merupakan hasil migrasi source base BSDI (Berkeley Software Design Inc) ke source 4.4BSD-Lite.
Pengtian OS/2
Operating system (OS) atau yang sering di sebut sistem operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer .Sekarang ini banyak sekali macam-macam sistem operasi di pasaran baik yang asli ataupun yang bajakan.Ada beberapa sistem operasi yang biasa kita jumpai di pasaran diantranya Windows,Unix,Linux Dan masih banyak lagi yang lainya.Dari sekian banyak sistem operasi Yang beredar,sistem operasi milik perusahaan microsoft lah yang paling populer untuk para pengguna pc notebook,bahkan ponsel dan PDA sekalipun Dengan sistem operasi berbasis mobilenya .
Dari beberapa sistem operasi tersebut,Sistem operasi yang dapat digunakan secara bebas alias open sourc Asalah linux. sistem operasi ini biasa digunakan untuk tujuan pendidikan ,lain halnya dengan para vendor ponsel dan PDA ,Para vrndor ini lebih menyasarkan produknya untuk menggunakan sistem operasi mobile milik perusahaan microsoft yaitu windows. Sama seperti di pc atau notebook sistem operasi di PDA atau ponsel memiliki Beberapa versi dan tatap muka yang hampir sama ,mulai dari windows mobile versi 5.0 sampai dengan windows vista versi mobile .Vendor PDA atau ponsel yang biasa memakai sistem operasi tersebut diantaranya 02,Samsung.Doppod Dan sony ericson untuk beberapa type.

Perkembangan Sistem Operasi Perkembangan sistem operasi Berawal dari altair,yaitu perangkat komputer pertama pada tahun 1975 yang menggunakan sistem operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS Dan berkembang dari MS-DOS versi 1.0 Pada tahun 1981 sampai MS-DOS versi 5.0 pada tahun 1991 dan sampai sekarang ini microsoft telah mengeluarkan beberapa sistem operasi mulai dari Ms-windows,windows97,windows98,windows98Me,Windows2000.Windows ME,Windows XP dan yang paling terbaru adalah windows vista yang terkenal dengan tatatp mukanya .
Pengertian SUN OS (JAVA)
Sun Solaris atau dikenal dengan SunOS atau Sun adalah system operasi computer yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang merupakan nama lain dari perkembangan jenis perangkat lunak sistem operasi UNIX. Arsitektur perangkat keras yang biasa digunakan oleh Solaris adalah SPARC, x86 dan AMD64.

Tabel  Sun Solaris

Solaris
SunOS
Tanggal buat
Keterangan
Solaris 10
SunOS 5.10
31 Januari 2005
Menunjang AMD64, Dtrace, Solaris container, SMF, NFSv4, ZFS, Menunjang system UltraSPARC, GNOME, CDE
Tiga komponen utama dari Sun Solaris Operating System :
a)     Kernel adalah inti dari sistem operasi Sun Solaris dan mengatur semua sumber daya fisik komputer
b)   Shell berfungsi sebagai penghubung antara pemakai dan kernel. Selain itu Shell juga bertindak sebagai interpreter 
Hirarki direktori berisi kumpulan dari direktori-direktori
Secara default, shell untuk sistem operasi Sun adalah bourne shell. Tabel berikut menunjukan jenis-jenis dari prompt yang ada di dalam sistem, untuk C shell, Bourne shell dan Korn shell :

Tabel Jenis prompt shell

Shell
Prompt
C shell prompt
machine_name%
C shell superuser prompt
machine_name#
Bourne shell dan Korn shell prompt
$
Bourne shell dan Korn shell superuser prompt
#
    Manajemen Desktop
Perbedaan antara Command Line Interface dan Graphical User Interface adalah Command Line Interface (CLI)  memungkinkan user menuliskan perintah-perintah baris pada sebuah terminal atau console untuk berinteraksi dengan sistem operasi. Sedangkan GUI dengan sebuah keyboard dan mouse, lebih mudah menggunakan interface. GUI dengan tampilan window, menu pull down, scrollbars, icon, wizard memudahkan user berinteraksi dengan sistem.
SISTEM OPERASI BERBASIS MACINTOSH
Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis Power PC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh. Jenis apel yang disukai JefRaskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer  personal.
Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.
Jenis-jenis Macintosh
1984 : Macintosh 128K, Macintosh 512K
1986 : Macintosh Plus
1987 : Macintosh II, Macintosh SE
1988 : Macintosh IIX
1989 : Macintosh SE/30,Macintos IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
1990 : Macintosh IIfc, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, Seri Macintosh LC
1991 : Macintosh Quadra, PowerBook
1992 : Macintosh IIvx, PowerBook Duo
1993 : Macintosh Centris, Macintosh Color Classic, Macintosh Performa, Macintosh TV
1994 : Power Macintosh
1997 : Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
1998 : iMac
1999 : iBook, Power Macintosh G4
2000 : Power Mac G4 Cube
2001 : PowerBook G4
2002 : eMac
2003 : Xserye, Power Mac G5, iMac G4
2004 : iMac G5
2005 : Mac Mini
2006 : MacBook, MacBook Pro.

Sekilas Tentang Novell NetWare

NetWare: Sistem Operasi Jaringan Novell dan Protokol Suite
Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan (NOS) yang menyediakan akses file remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, termasuk sharing printer dan dukungan untuk berbagai aplikasi seperti surat elektronik transfer dan akses database .NetWare menentukan atas lima lapisan model referensi OSI dan, dan berjalan pada media apapun-protokol akses (Layer 2). Selain itu, NetWare berjalan pada hampir semua jenis sistem komputer, dari PC ke mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya sering hidup berdampingan di saluran fisik yang sama dengan banyak protokol populer lainnya, termasuk TCP / IP, DECnet, dan AppleTalk.
Novell NetWare, yang diperkenalkan pada awal tahun 1980 didasarkan pada Xerox Network Systems (Norton AntiVirus), didasarkan pada arsitektur klien-server Klien (kadang-kadang disebut workstation) permintaan layanan, seperti file dan printer akses, dari server. NetWare klien / server arsitektur yang mendukung akses remote yang transparan bagi pengguna melalui prosedur remote panggilan. Sebuah prosedur terpencil panggilan dimulai ketika program komputer lokal berjalan pada client mengirimkan sebuah prosedur panggilan ke server jauh Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan dan mengembalikan informasi yang diminta ke klien lokal.
Novell Open Enterprise Server (1.0)

Pada tahun 2003, Novell mengumumkan produk pengganti untuk NetWare: Open Enterprise Server (OES). Pertama kali dirilis pada Maret 2005, OES melengkapi layanan pemisahan tradisional yang terkait dengan NetWare (misalnya Directory Services, file-dan-print) dari platform yang mendasari pemberian layanan tersebut. OES pada dasarnya adalah seperangkat aplikasi (eDirectory, NetWare Core Protokol layanan, iPrint, dll) yang dapat berjalan baik di atas Linux atau platform kernel NetWare . kumpulan OES implementasi layanan bahkan dapat bermigrasi dari Linux ke Netware dan kembali lagi, membuat Novell salah satu dari beberapa vendor untuk menawarkan multi-platform solusi clustering.
Konsekuen untuk perolehan Novell Ximian dan SuSE, sebuah distributor Linux Jerman, diamati secara luas bahwa Novell bergerak menjauh dari NetWare dan mengubah fokusnya menuju Linux. Banyak pemasaran baru-baru ini tampaknya difokuskan pada NetWare pengguna untuk beralih ke platform Linux di masa depan .indikasi yang paling jelas dari arah ini kontroversial Novell dengan diambilnya keputusan untuk membebaskan Open Enterprise Server di Linux kemudian Novell menekankan bahwa NetWare akan dipakai oleh 90 juta pengguna akan didukung setidaknya sampai tahun 2015. Beberapa pendukung Novell NetWare telah mengambil keputusan untuk mengajukan petisi demi menjaga Novell NetWare dalam pembangunan.

Perbedaan Antara DVD-Combo drive dg DVD-RW drive

Banyak masyarakat yang salah mengartikan antara DVD-Combo drive dengan DVD-RW drive. Mereka beranggapan bahwa fungsi dari kedua perangkat tersebut seolah-olah ‘sama’ padahal perbedaan antara DVD-Combo drive dengan DVD-RW drive cukuplah mendasar.
DVD-Combo drive adalah gabungan dari DVD-ROM drive dengan CD-RW drive, dengan kata lain perangkat yang dapat membaca kepingan CD dan DVD, dapat membackup data ke kepingan CD tapi ‘tidak dapat’ membackup data ke kepingan DVD.
Fungsi yang terakhir inilah yang membedakan dengan DVD-RW drive. DVD-RW drive bisa melakukan semua proses diatas, yakni mampu membaca kepingan CD & DVD, membackup data ke kepingan CD & DVD.
DVD combo
DVD combo adalah drive yang menggabungkan kemampuan dvdrom dan cdrw, terbayang kan kemampuannya?             
ya drive ini mampu membaca kepingan cd dan dvd dan juga mampu menulis tapi hanya pada cd kosong

DVD RW adalah, merupakan drive terlengkap yang ada dipasaran sekarang selain mampu membaca semua jenis cd dan dvd dan juga mampu membaca dvd-ram dan juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan, baik cd kosong, dvd kosong, dan juga dvd ra

 

Pengertian MS.Office

Microsoft Office adalah komersial office suite yang saling terkait aplikasi desktop, server dan layanan untuk Microsoft Windows dan Mac OS X sistem operasi, yang diperkenalkan oleh Microsoft pada 1 Agustus 1989. Awalnya istilah pemasaran untuk satu set paket aplikasi, versi pertama Office terkandung Microsoft Word , Microsoft Excel , dan Microsoft PowerPoint . Selama bertahun-tahun, aplikasi Office telah tumbuh secara substansial lebih dekat dengan fitur berbagi seperti spell checker umum, OLE integrasi data dan Microsoft Visual Basic untuk Aplikasi bahasa scripting. Microsoft juga posisi Office sebagai platform pengembangan untuk line-of-bisnis perangkat lunak di bawah Aplikasi Kantor Bisnis merek.
Versi saat ini Office 2010 untuk Windows, dirilis pada tanggal 15 Juni 2010;dan Office 2011 . untuk Mac OS X, dirilis 26 Oktober 2010

Pengertian Koffice

KOffice sebuah software terbaru yang akan menjadi pesaing juara pencipta aplikasi kantoran, Microsoft Office dan OpenOffice. KOffice ini telah dirilis dalam evrsi 2.0 di Kamis (28/5) kemarin. Peluncuran ini ditujukan untuk developer, tester dan adopter dari team pengembangan Koffice, dan belum akan diproduksi lebih lanjut. Sementara itu, KOffice 1.6, software productivity suite sebelumnya dirilis untuk KDE, memiliki beberapa kelemahan di bagian fiturnya. Team  pengembang KOffice ini telah menambahkan fitur yang hilang di versi KOffice tersebut sebelumnya, untuk diaplikasikan di versi 2.1 atau 2.2 ini.
Aplikasi KOffice ini merupakan produk open source, yang terdiri dari KWord word processor, KSpread spreadsheet calculator, KPresenter presentation manager, KPlato project management software, Karbon vector graphics editor dan Krita raster graphics editor. Sedangkan untuk aplikasi pembuatan chart dapat dibuat dalam Kchart, dimana chart dapat dibuat sebagai plugin untuk dipasang di seluruh aplikasi KOffice. Hal yang menarik dari KOffice ini bahwa semua aplikasi di dalamnya  terintegrasi dengan baik satu sama lain. “Sebagai contoh, Kword dapat ditempeli dengan grafis bitmap, di Krita dapat ditempeli grafis vector dan Karbon dapat ditempeli chart.” ungkap team pengembang.
Setiap aplikasi baru dalam KOffice telah support dengan layout GUI untuk display yang lebar. Tool sidebar dapat dikeluarkan seperti tampak di Windows atau disembunyikan.  Aplikasi software open source KOffice 2.0 ini menggunakan Open Document Format (ODF) sebagai format file-nya untuk memastikan bahwa dokumen yang bekerja di dalamnya, juga dapat dibuka di OpenOffice dan MS Office.
Software KOffice 2.0 ini akan hadir di system operasi Linux dengan KDE atau GNOME seperti di system Windows dan Macintosh. Untuk KOffice versi Solaris juga akan dirilis segera. Team pengembang KOffice 2.0 ini akan merilis versi tiga maintenance software ini di bulan Juniian st Juli dan September untuk versi 2.0 ini, dan kemudian meluncurkan finalnya di 21 Oktober.(h_n)

 

 

Pengertian start office

Ada KOffice yang disertakan dalam KDE 2. Ada SiagOffice, AbiWord, GIMP, Corel WordPerfect, Dia dan lain-lain. Salah satu aplikasi office yang komersial adalah ApplixWare.
Yang dimaksud aplikasi office di sini adalah program yang dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor, dan tentu saja juga pekerjaan di rumah dan sekolah.
StarOffice
StarOffice merupakan aplikasi office yang sangat lengkap, yang setara dengan MS Office. Kelemahan StarOffice terhadap aplikasi office yang lain saat ini adalah lambat pada saat dijalankan pertama kali, karena banyak program yang diaktifkan. Keuntungannya, memiliki kompatibilitas yang baik dengan MS Office. Untuk mengolah kata tersedia StarWriter yang dapat membaca berbagai format seperti DOC, RTF, HTML, dll. Sebagai spreadsheet adalah StarCalc yang dapat membaca file XLS, 123, dll. Untuk membuat materi presentasi, tersedia StarImpress yang mampu membaca format PPT. Selain ketiga program utama itu, StarOffice juga menyediakan StarDraw untuk menggambar, StarBase untuk aplikasi database, dan lain-lain.
Kelebihan StarOffice

Seperti halnya pada program-program under Linux lainnya, StarOffice juga merupakan program yang lebih low cost dan reasonably jika dibandingkan dengan program -program produknya Microsoft. Padahal, dari sisi fasilitas yang ditawarkan, StarOffice juga user friendly dan tak kalah lengkapnya jika di-bandingkan dengan Microsoft Office.
Beberapa 'catatan kecil' tentang program StarOffice dibandingkan dengan program Microsoft Office, antara lain:
Low Cost; Jelas, StarOffice jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan program Microsoft Office, yang setiap releasenya harus kita bayar guna mendapatkan lisensi penggunaannya. Sedangkan penggunaan StarOffice tidak perlu membayar lisensi. Kalaupun ada biaya yang harus dikeluarkan oleh para pemakainya, hanyalah biaya dari harga keping CD, buku dan biaya distribusinya saja
Easy Migration; dengan StarOffice, kita dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang dibuat ke dalam format Microsoft Word, Excel, maupun PowerPoint. Sedangkan program Microsoft Office tidak bisa digunakan untuk menyimpan dokumen ke dalam format StarOffice.
Better Stability; StarOffice jauh lebih stabil dibandingkan dengan dengan Microsoft Office yang sangat rentan dengan gangguan virus maupun crash-nya program tsb. karena dijalankan dalam sistem operasi window.
Better Performance; peralihan release StarOffice jauh lebih "bersahabat" dibandingkan dengan program Microsoft Office yang banyak sekali tuntutan-nya manakala beralih release. Di samping harus membayar lagi biaya lisensi-nya, kita juga seringkali harus meng-'upgrade' komputer kita agar dapat menjalankan program relesase terbarunya tsb.
Freedom of Choice; menggunakan StarOffice adalah suatu pilihan bebas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pekerjaan kita. StarOffice bisa dijalankan juga pada platform Windows, (untuk StarOffice versi Windows-nya tentu saja) ~ suatu hal yang tidak bisa dilakukan oleh Microsoft Office untuk dapat dijalankan pada platform Linux.
Java-enabled; StarOffice sangat kompatibel dengan arsitektur program Java yang paling banyak dipergunakan dalam mendesain web saat ini. Sekaligus sangat mendukung jika digunakan dalam suatu jaringan komputer.
Pengertian open office
OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang didalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing.
OpenOffice.org dikembangkan oleh Komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystem. OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source, dan siapa pun bisa mengakses kode sumber pembangunnya dan bisa merubah kode sumbernya.
OpenOffice.org bisa tersedia dalam 2 (dua) muka baik dengan sistem operasi Windows dan Linux. Selain itu OpenOffice.org mendukung format berbagai format file Microsoft Office.
Komponen dalam OpenOffice.org adalah :
1. OpenOffice.org Writer, adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll.
2. OpenOffice.org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office.
3. OpenOffice.org Impress, adalah program untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PoworPoint pada Microsoft Office.
4. OpenOffice.org Draw, adalah program untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office.
5. OpenOffice.org Math, adalah program untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.
6. OpenOffice.org Base, adalah aplikasi untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office.

Pengertian Ms office for macintosh

Office for Mac akademik: Buat dokumen yang berseni, spreadsheet yang dinamis, dan presentasi yang efektif dengan kompatibilitas untuk Mac atau PC.

Microsoft Office for Mac 2011 memberikan Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook 2011 untuk desktop Anda dalam sebuah paket, dan memberikan kompatibilitas Office for Windows terbaik di dunia.

Dengan Windows Live SkyDrive dan Microsoft Office Web Apps, Anda dapat dengan mudah mengakses, mengedit, dan berbagi dokumen dari hampir di mana saja. Office for Mac akademik memberi siswa, guru, dan administrator cara baru untuk bekerja bersama-sama dengan lebih baik.
Word for Mac 2011 Word for Mac 2011
Sampaikan ide-ide Anda dengan gaya, dalam berbagai macam template profesional. Kemudian menyimpan, mengedit, dan berbagi secara online.  
PowerPoint for Mac PowerPoint for Mac 2011
Buat dan bagi presentasi yang kaya kaya, profesional, dan berkolaborasi dengan orang lain secara real time, tidak peduli di mana Anda berada.
Excel for Mac 2011 Excel for Mac 2011
Analisis, atur dan kelola data dan daftar Anda. Temukan cerita secara grafis dalam data Anda, dan sorot dan bagi untuk pengaruh maksimal.
Outlook for Mac 2011 Outlook for Mac 2011
Kelola semua email, tugas, kalender, dan kontak Anda dalam satu tempat yang akrab dan paling kompatibel dari Mac ke PC dan sebaliknyai.






Perbedaan OOP dengan Pemrograman Terstruktur

Kali ini saya akan membahas perbedaan mengenai bahasa pemrograman berbasis objek atau yg biasa disebut dengan OOP dengan bahasa pemrograman terstruktur. Pada pembahasan ini saya akan menerangkan mulai dari pengertian OOP dan pemrograman terstruktur itu sendiri, konsep yang digunakan oleh kedua program tersebut, kemudian ada contoh bahasa program apa yang menerapkan konsep OOP dan terstruktur, serta sifat-sifatnya, dan saya juga mengulas kelebihan serta kekurangan dari masing-masing pemrograman.

1.        OOP (Object Oriented Programming)
a.      Pengertian OOP
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu program yang mengarah pada suatu objek yang bisa disebut juga Paradigma Pemrograman. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas – kelas atau objek – objek. Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

b.      Konsep Dasar OOP
Konsep dasar dari OOP menekankan pada beberapa hal adalah sebagai berikut ini :
·      Kelas
Kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

·      Objek
Membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

·      Abstraksi
Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.

·      Enkapsulasi
Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.

·      Polimorfisme
Melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.

c.       Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman yang mendukung OOP adalah sebagai berikut :
·         Visual Foxpro
·         Java
·         C++
·         Pascal
·         VB.Net
·         SIMULA
·         Smalltalk
·         Ruby
·         Python
·         PHP
·         C#
·         Delphi
·         Eiffel
·         Perl
·         Adobe Flash AS 0.3

2.    Pemrograman Terstruktur
a.      Pengertian Pemrograman Terstruktur
Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program.
Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman      dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop).

b.      Sifat – Sifat Pemrograman Terstruktur
Pemrograman terstruktur mempunyai sifat – sifat sebagai berikut ini :
·           Memuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis
·      Memuat algoritma yang efisien, efektif dan sederhana
·      Program disusun dengan logika yang mudah dipahami
·      Tidak menggunakan perintah GOTO
·      Biaya pengujian program relatif rendah
·      Memiliki dokumentasi yang baik
·      Biaya perawatan dan dokumentasi yang dibutuhkan relatif rendah

c.       Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman yang mendukung pemrograman terstruktur adalah sebagai berikut :
·         COBOL
·         TURBO PROLOG

3.        Perbedaan dan Persamaan Antara OOP dan Pemrograman Terstruktur
Perbedaan mendasar antara OOP dan pemrograman terstruktur adalah dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut. Sedangkan untuk pemrograman terstruktur,  menggunakan prosedur/tata cara yang teratur untuk mengoperasikan data struktur.
Untuk tata nama, keduanya pun memiliki tatanan yang sama walaupun memiliki pengertian tersendiri:
OOP menggunakan “method” sedangkan pemrograman terstruktur menggunakan “function”. Bila di OOP sering didengar mengenai “objects” maka di pemrograman terstruktur kita mengenalnya dengan ” modules”. Begitu pula  halnya dengan “message” pada OOP dan “argument” pada pemrograman terstruktur. “attribute” pada OOP juga memiliki tatanan nama yang sepadan dengan “variabel” pada pemrograman terstruktur.
Persamaan kedua pemrograman ini adalah adalah keduanya termasuk ke dalam pemodelan pemrograman yang digunakan dewasa ini.

4.        Perbedaan software OOP dangan software terstruktur
Perbedaan software OOP dangan software terstruktur adalah Software yang dibuat secara OOP besifat Reusable. Prinsip Reusable pemrograman OOP adalah membuat kode yang ditulis sebisa mungkin dapat dipergunakan lagi (reusable) supaya dapat dipakai dalam banyak aplikasi dan situasi supaya tidak perlu lagi mengimplementasi ulang, walaupun hanya ada perbedaan sedikit saja dari yang sudah dikerjakan sebelumnya.

Reusability
·         Kunci reusability adalah mendaftar (dalam library atau database) obyek di mana di antaranya mungkin ada yang sesuai dengan user requirements
·         Proses pencarian semacam ini membutuhkan cara yang kuat dan efisien

5.        Beberapa Keuntungan Pemrograman Berorientasi Objek
a.       Maintenance; program lebih mudah dibaca dan dipahami, dan pemrograman berorientasi obyek mengontrol kerumitan program hanya dengan mengijinkan rincian yang dibutuhkan untuk programmer.
b.      Pengubahan program (berupa penambahan atau penghapusan fitur tertentu); perubahan yang dilakukan antara lain menyangkut penambahan dan penghapusan dalam suatu database program misalnya.
c.       Dapat digunakannya obyek-obyek sesering yang diinginkan, kita dapat menyimpan obyek-obyek yang yang dirancang dengan baik ke dalam sebuah tolkit rutin yang bermanfaat yang dapat disisipkan kedalam kode yang baru dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan pada kode tersebut.

Jadi, sangat jelas sekal bahwa pemrograman berorientasi objek sangat cocok sekali digunakan dalam kasus pembuatan software yang rumit dan kompleks karena memberikan berbagai kemudahan kepada pemrogram seperti yang telah disebutkan diatas.

Baik OOP maupun pemrograman terstruktur tidak ada yang dapat dikatakan lebih baik karena keduanya memiliki spesifikasi tersendiri dalam pemrogramannya. Hal ini juga tergantung pada bagaimana pribadi si pemrogram ingin menyusun program yang akan dibuatnya. Apakah lebih suka menggunakan yang berorientasikan pada objek maupun pemrograman yang terstruktur. Karena Pemrograman prosedural akan dikatakan lebih baik apabila dalam segala situasi melibatkan kompleksitas moderat atau yang memerlukan signifikan kemudahan maintainability. Manfaat yang dirasakan dalam penggunaan pemrograman prosedural adalah kemampuan kembali menggunakan kode yang sama tanpa menggunakan kode yang berbeda ataupun mengkopinya kembali. Dengan menggunakan “goto”, memudahkan programmer melacak kumpulan data sehingga menghindarkan pemrograman terstruktur menjadi seperti spagethii code.

Pemrograman berorientasikan objek dikatakan lebih baik apabila Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
 

0 komentar:

Posting Komentar